Polemik Bahan Kaos antara Katun Combed vs Katun Carded



Ketika kita mau berbelanja baju di e-commerce atau ke toko kaos biasanya kita akan melihat detail mengenai material bahan yang  yang digunakan untuk baju tersebut. Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan macam kain bernama wool, satin, sutra, canvas, cotton, polyester dan masih banyak lagi.


Tapi tahukah Anda mengenai pengertian, asal mula dan perbedaan macam kain tersebut? Masing-masing dari macam kain tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dari segi kualitas dan ketahanan. Jadi, terutama jika Anda berencana untuk membuat atau memproduksi baju untuk konsumsi pribadi ataupun untuk alasan komersial, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengenal berbagai macam kain ini.

nah,untuk tulisan kali ini saya coba membahas secara singkat tentang perbedaan 2 jenis kain katun yang seringkali di perdebatkan oleh produsen kaos dan konsumen yaitu kain katun combed dan kain katun carded,berikut penjelasannya.




Perbedaan Kain Katun Combed & Kain Katun Carded

  • Katun Combed / Cotton Combed
    • Kain ini terbuat dari 100% benang serat katun dengan tingkat kepadatan penuh,texturnya rapi,adem,halus,lembut dan 100% menyerap keringat
    • Kain katun combed ini banyak di minati anak muda karena textur rapi,adem dan simplenya
    • Umumnya tersedia type ketebalan 20s,24s,30s ,32s,34s (type 30s yang banyak di minati oleh konsumen)

  • Katun Carded / Cotton Carded
    • Kain ini juga ternyata berasal dari 100% serat katun (sama dengan kain katun combed) namun dengan proses pemintalan melalui carding/garukan sehingga tingkat kepadatan lebih renggang daripada kain katun combed,kelebihan dari katun carded ini salah satunya mempunyai textur lebih tebal daripada katun combed, serat adem,halus,lembut,dan 90% menyerap keringat.
      • Kenapa hanya 90 % penyerapan keringat yang di berikan oleh kain katun carded,di karenakan adanya serat yang texturnya agak renggang namun bertujuan untuk menghilangkan uap keringat pada tubuh kita sehingga cepat terbawa keluar mengikuti udara.
    • Kain katun carded ini banyak peminat dari produsen konveksi biasa di gunakan kaos olahraga dewasa karena punya textur yang tebal dan sebagian besar para guru,dinas,dan orang dewasa menyukai bahan katun jenis carded ini.
    • Umumnya tersedia type ketebalan 20s,24s,30s (umumnya yang sering di pakai type 24s)

Jadi kesimpulan di atas adalah perbedaan antara katun combed dan katun carded hanyalah pada proses pemintalan saja,padahal bahan bakunya sama2 menggunakan seratan katun dengan prosentase 100%.

dan pada kedua jenis kain katun ini mereka punya kelebihan dan kekurangan masing – masing,tergantung konsumen saja suka jenis kain yang mana.

Mungkin cukup sekian dulu bahasan singkat yang bisa kami ulas disini,apabila ada salah dalam penulisan mohon harap maklum,& semoga bermanfaat.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *